Hikmah Berpuasa

Sebagai umat Islam, kita memang berkewajiban untuk berpuasa, terutama puasa ramadhan. Selain puasa ramadhan, kita mungkin juga mengenal puasa sunnah maupun puasa makruh. Memang, saat kita merasakan puasa berat dan sulit sekali menjalankannya, namun dibalik smua itu, kita bisa mengambil hikmah dibalik itu, salah satu hikmah kecilnya adalah kita bisa berlatih sabar dan merasakan bagaimana kehidupan rakyat yang tidak mampu. Sehingga kita bisa intruspeksi untuk mensyukuri nikamat yang telah diberikan Allah SWT. Apalagi sisi baik yang satu ini, kita bisa merasakan berbuka puasa yang begitu nikmat rasanya saat kita berpuasa.
Tak disangka, walaupun kita tidak makan dan menahan hawa nafsu mulai dari terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari, puasa juga membuat tubuh kita sehat. Mau tahu kenapa? Karena, puasa berfungsi menetralisir racun-racun, zat kimia dan toksin berlebihan dalam tubuh, selain itu lambung juga bisa beristirahat. Istilahnya, tidak bekerja terlalu keras. Bagi para remaja tentunya puasa juga bermanfaat karena bisa menurunkan berat badan secara sehat. Banyak penyakit yang bisa disembuhkan oleh puasa, diantaraya adalah :
~Kanker hati
~Kanker lambung
~Hepatitis
~Pendarahan otak
~Kelebihan berat badan
~Kolesterol tinggi
~Radang
~Asma
~Maag
~Jerawat
~Flek hitam pada wajah
~Stroke
~Bronkhitis
Mungkin ada beberapa penyakit yang memang tidak bisa disembuhkan oleh puasa. Pahala puasa juga tidak diragukan lagi bagi umat yang sungguh-sungguh dan ikhlas. Pada dasarnya, Allah telah memberi hikmah dalam segala ibadah yang kita jalankan. Selain itu, ada beberapa hari dimana kiita tidak boleh berpuasa yaitu, dihari minggu&sabtu .
Pada hari Minggu, umat islam dilarang menjalankan puasa karena dihari sabtu adalah hari suci bagi umat Yahudi sedangkan hari Sabtu hari suci bagi umat Nasrani, jadi jika kita berpuasa dihari tersebut kita termasuk orang yang menjalankan ibadah umat Nasrani dan Yahudi .
Adapun larangan-larangan berpuasa bagi umat muslim. Karena beberapa hal antara lain :
• Musafir dalam perjalanan jauh (harus diganti dihari lain)
• Ibu hamil (diganti dengan membayar fidyah atau mengganti hari lain)
• Lanjut usia (fidyah)
• Remaja putri yang sedang menstruasi (mengganti dihari lain)
Fidyah adalah kewajiban bagi umat muslim yang tidak menjalankan puasa dengan cara memberi sedekah kepada orang yang tidak mampu. Karena puasa merupakan hari yang penuh berkah. Usahgakan jangan sampai meninggalkan ibadah terutama sholat. Disaat malam lailatul qodar adalah malam yang sangat dinanti-nanti umat muslim. Karena jika beribadah malam lailatul qodar , pahala kita sama/sebanding dengan sholat selama 100 tahundan insyaalah doa kita akan terkabul. Subhanallah, indah sekali karunia Allah..
Maka dari itu, manfaatkanlah bulan ramadhan/bulan puasa puasa sebaik mungkin. Karena Allah pasti member manfaat dan berkah, jika hamba-Nya mau melaksanakan perintahnya.

Dipublikasi di [GIFT]Grow In Faith Together | Meninggalkan komentar

college fun?

Membayangkan gimana gw tar kuliah cukup menyita waktu-waktu gw akhir-akhir ini. Meskipun membayangkan hasil UN nanti jauh lebih menyita pikiran.

Back to the topic(cielaah), gw pengen jadi orang yang benar-benar baru tar pas kuliah. Bukan artinya gw pengen bertopeng ria kemana-mana, tapi gw pengen jadi jauh lebih dewasa, lebih mudah bergaul, lebih serius belajar dan lebih keren aja lol. Gw sadar lah,gw kurang bisa berbaur sama orang lain, apalagi orang-orang yang gw,ehm,kurang suka.

Gw udah banyak plan buat ini. Udah membayangkan gimana kamar gw ntar, makanan apa yg pantas dan layak gw konsumsi(gw ga mau lagi lah makan sembarangan,dietnya stengah mati euy), mikirin bagi waktu buat ngerjain tugas, jalan2, sama ngeberesin harta benda ntar nya.

Gw juga ga membayangkan yang muluk-muluk : smua orang ntar jadi temen gw, punya apartemen yang gede,punya mobil pribadi, sukses stiap ada tes di kuliahan. Itu biasa cuman di film Disney doank.

Gw tau lah,pasti bakal ada dosen yang jatuhin, temen yang curang, temen yang malesin, capek nya ngurus2 semuanya sendiri,tugas yg banyak etc etc. Tp dilain pihak gw juga tahu, masih bakal ada dosen yang membangun,temen yang baik, dan hikmah dari smua yang gw kerjakan.

Gw pengen mengatur semua nya sebaik mungkin. Cara hidup gw sehari-hari, cara belajar gw dan cara bergaul gw. Gw pengen idup lebih sehat lagi deh pokoknya. Pengen olahraga cukup, makanan cukup gizi, punya temen2 gaul, kalo bisa sih ada side job nya. Lumayan, nambah duit jajan lol.

Walopun persaingan akan jauh lebih keras lagi, senggol sana sini lebih menyakitkan lagi, OHYA! Gw harus tetep bahagia 🙂

Dan diatas smuanya, yang gw harapkan, semoga semua yang gw harapkan, ga cuma jadi sekedar post ga penting di blog inih.

eks-ow-eks-ow.

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

Apa Kata Orang

keep-calm-and-focus-yoursel

Ketika ada yang bilang jangan mau dipengaruhi orang lain, atau ada yang bilang kalau dirinya ga pernah dan ga mau dipengaruhi orang lain, sebenernya orang itu kemungkinan besar boong, atau mungkin juga bener. Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

life lately

udah hampir 2 bulan ga nge-blog sama skali.

pagi skolah jam stengah tujuh.

ada pm pulang stengah enam.

pulang-pulang sampai rumah cape,tidur.

try out datang silih berganti!!

mau nyempetin nge-blog pun kayaknya susah juga gituhh.

yang pasti, hidup bener-bener cepet banget berjalan.dalam bulan-bulan ini dah melewati cukup banyak hal.

yang kadang bikin gw pengen mundur, kadang bikin gw bingung, gw cape2 gini buat apa.

tapi thanks to the musician,n mereka punya cukup banyak lagu yang buat gw jadi berdiri lagi. karena yang berjuang kek gini ga cuman gw, tapi semua orang yang pengen berhasil.

lagu-lagu kek Chasing Pavements, The Climb cocok bgt sama hidup gw di kelas 3 ini.

eniwei gw juga udah mutusin masuk fkg di 3sakti.haha. gw cuman masih ga bisa ngebayangin aja gimana rasanya kuliah.

dan, dalam beberapa bulan lagi, rok abu-abu ini, siap dijadiin kenang-kenangan!!

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

Malas

Hari ini gw terinspirasi dari kata malas. Mungkin karena kemalasan gw di hari ini kali yah, makan tidur makan :P

Ternyata malas itu ga selalu negatif loh.

Meskipun konotasinya udah jelek.

Pas gw pikir-pikir, malas kadang membawa kita pada suatu pencapaian.

Contohnya gini.

  • Karena kita males ikut remed, kita jadi belajar mati-matian.
  • Karena kita males dihukum suruh keliling sekolah karena terlambat, kita jadi bangun pagian supaya ga telat.
  • Kita males belajar ulang dirumah, kita jadi ngedengerin guru bener-bener.
  • Karena males ngerjain pr dirumah, kita udah nyelesein itu di sekolah.

Dan mungkin masih banyak ‘males-males’ lainnya yang mungkin mendorong kita melakukan sesuatu.

Tapi satu hal yang gw masih raguin, boleh ga sih kita pake pola pikir ini?

Dipublikasi di Crita-crita | Meninggalkan komentar

dalam doaku sebagai remaja ini,ya Tuhan!

Didoaku sebagai remaja ini, Tuhan

Gantilah sakit hati ini dengan kesembuhan

Tukarlah iri hati dengan kedamaian hati

Angkatlah beban ini

Karna sudah terlalu lama kupikul Baca lebih lanjut

Dipublikasi di [GIFT]Grow In Faith Together | Meninggalkan komentar

Indah Pada Waktunya

Gw pengen beli mobil.

Tapi katanya sodara masih sekolah.

Gw pengen syoping.

Katanya kita lagi harus berhemat. Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

ketika kau resah aku senang

aku suka hujan

resah suara hujan

merupakan keindahan suatu bunyi-bunyian

ditelinga para manusia Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Lil Words | Meninggalkan komentar

sunday fun cookin’

Minggu ceria!

Hari dimana kita bisa bangun lebih siang, main lebih banyak, nonton lebih teratur! HAHA

Itulah biasanya ritual di hari Minggu. Indomie menjadi teman, dan tv menjadi sahabat. Tapi karena kemaren sempet beli bumbu cream soup, adalah hari ini gw mencoba bikin soup!(first time,guys!) Baca lebih lanjut

Dipublikasi di foodperiments | Meninggalkan komentar

sabt(u)nik

Kalo dipikir-pikir gw bingung sama hidup gw. Kalo dibilang nggak hoki juga ga, tapi dibilang beruntung , gimana ya? Makanya gw bingung. Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Crita-crita | Meninggalkan komentar