Apa Kata Orang

keep-calm-and-focus-yoursel

Ketika ada yang bilang jangan mau dipengaruhi orang lain, atau ada yang bilang kalau dirinya ga pernah dan ga mau dipengaruhi orang lain, sebenernya orang itu kemungkinan besar boong, atau mungkin juga bener.

Hal pengaruh-mempengaruhi ituh otomatis tanpa kita sadari. Kalau kita hidup dilingkungan pasar, awalnya kita yang ngomongnya biasa aja, jadi kebawa-bawa kasar atau kenceng. Tapi kalau kita lagi di Paris gitu, ngomongnya pake bahasa Prancis. Yah kalo itu sih ya iya lah ya.ahaha

Tapi hal itu ga bisa dipungkiri, namanya hidup, pengaruh dari orang lain itu justru kadang dibutuhkan buat bentuk karakter kita. Supaya gimana caranya orang ga tersinggung, kita ngomongnya halus. Supaya orang ga marah, kita jelasin dengan jelas baik2.

Berbeda kalau mengenai pendapat. Semua orang bisa berpendapat. Dan namanya pendapat, salah atau benar itu relatif. Pendapat orang yang berubah kadang ga bisa dibilang ga  konsisten, karena manusia itu berubah sesuai dengan pemantapan cara berpikir, berkembang, menimbang yang mana yang benar dan buruk. Pendapat itu biasa keluar sesuai keadaan orang tersebut.  Jadi, jangan cepat2 memasukkan atau menolak pendapat orang. Tinggal pintar-pintar kita menyesuaikan juga dengan keadaan kita. Pendapat juga bisa keluar sesuai dengan usia, profesi, pengalaman mereka masing2. Jadi kalau umur beda, profesi beda, pendapat pahit orang2 yang bikin kita down, mending buru2 dilupakan aja.

Pendapat boleh ada. Tapi tetap, pada akhirnya kita juga yang memutuskan. Ada yang bilang ke gw, kalo gw ga cocok jadi dokter, cocoknya jadi designer. Kalau gw tuh orangnya bukan tipe dokter yang baik. Orang lain bilang, gw cocok aja kalo jd dokter.Ituh salah satu profesi yang bisa kita pilih dengan bebas, dan kalau ada kemauan, biasanya ada jalan juga.

Sodara gw berpendapat kalau mau sukses, kuasai satu bidang dengan benar2 dalam. Kalau kebanyakan nanti malah stengah2 trus jadi gabisa apa-apa.

Tapi sodara satunya bilang bisa aja menguasai banyak hal yang kita sukai, yang

penting kita fokus.

Nah, semua pendapat ini, sempat membuat gw terombang-ambing juga. Bagai air di daun talas gitu lah. Haha. Tapi tambah gw dewasa, gw tahu bahwa hal yang seperti itu mudah2 saja.

Penilaian kita pada diri sendiri lah yang penting. Ketika orang lain bilang tidak bisa, bukan artinya kita benar2 tidak bisa. Bila kita menilai diri kita sendiri bisa, dan kita mencoba terus, kemungkinan yang awalnya sedikit, pasti jadi lebih terbuka.

Jadi tuh, jangan langsung DOWN denger orang bilang kita tuh ga punya kemampuan apa2. Secara logika, kita lebih tau diri kita daripada orang lain tau kita. Jadi pendapat kita akan diri sendiri lah yang penting. Walaupun pendapat orang lain juga penting.

Gw dulu sering banget terpengaruh sama omongan orang lain. Mengenai penampilan kita, cara kita. Tapi menurut gw nih, orang bisa berubah. Dan kitapun bisa berubah. Kalau selama ini kita cuman inget belajar, dah lupa ama yang namanya creambath sama pedi-meni, kita akan dibilang cewek jorok. Tapi waktu berjalan. Putuskan satu hari buat nyalon, beli baju yang bagus dan, taraaang…Pendapat semua orang akan berubah tentang kita.

Semua orang berhak berpendapat, dan kita, berhak tidak menyetujui pendapat itu dan memilih apa yang akan kita lakukan, bila kita tahu itu yang terbaik buat kita.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s