Hikmah Berpuasa

Sebagai umat Islam, kita memang berkewajiban untuk berpuasa, terutama puasa ramadhan. Selain puasa ramadhan, kita mungkin juga mengenal puasa sunnah maupun puasa makruh. Memang, saat kita merasakan puasa berat dan sulit sekali menjalankannya, namun dibalik smua itu, kita bisa mengambil hikmah dibalik itu, salah satu hikmah kecilnya adalah kita bisa berlatih sabar dan merasakan bagaimana kehidupan rakyat yang tidak mampu. Sehingga kita bisa intruspeksi untuk mensyukuri nikamat yang telah diberikan Allah SWT. Apalagi sisi baik yang satu ini, kita bisa merasakan berbuka puasa yang begitu nikmat rasanya saat kita berpuasa.
Tak disangka, walaupun kita tidak makan dan menahan hawa nafsu mulai dari terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari, puasa juga membuat tubuh kita sehat. Mau tahu kenapa? Karena, puasa berfungsi menetralisir racun-racun, zat kimia dan toksin berlebihan dalam tubuh, selain itu lambung juga bisa beristirahat. Istilahnya, tidak bekerja terlalu keras. Bagi para remaja tentunya puasa juga bermanfaat karena bisa menurunkan berat badan secara sehat. Banyak penyakit yang bisa disembuhkan oleh puasa, diantaraya adalah :
~Kanker hati
~Kanker lambung
~Hepatitis
~Pendarahan otak
~Kelebihan berat badan
~Kolesterol tinggi
~Radang
~Asma
~Maag
~Jerawat
~Flek hitam pada wajah
~Stroke
~Bronkhitis
Mungkin ada beberapa penyakit yang memang tidak bisa disembuhkan oleh puasa. Pahala puasa juga tidak diragukan lagi bagi umat yang sungguh-sungguh dan ikhlas. Pada dasarnya, Allah telah memberi hikmah dalam segala ibadah yang kita jalankan. Selain itu, ada beberapa hari dimana kiita tidak boleh berpuasa yaitu, dihari minggu&sabtu .
Pada hari Minggu, umat islam dilarang menjalankan puasa karena dihari sabtu adalah hari suci bagi umat Yahudi sedangkan hari Sabtu hari suci bagi umat Nasrani, jadi jika kita berpuasa dihari tersebut kita termasuk orang yang menjalankan ibadah umat Nasrani dan Yahudi .
Adapun larangan-larangan berpuasa bagi umat muslim. Karena beberapa hal antara lain :
• Musafir dalam perjalanan jauh (harus diganti dihari lain)
• Ibu hamil (diganti dengan membayar fidyah atau mengganti hari lain)
• Lanjut usia (fidyah)
• Remaja putri yang sedang menstruasi (mengganti dihari lain)
Fidyah adalah kewajiban bagi umat muslim yang tidak menjalankan puasa dengan cara memberi sedekah kepada orang yang tidak mampu. Karena puasa merupakan hari yang penuh berkah. Usahgakan jangan sampai meninggalkan ibadah terutama sholat. Disaat malam lailatul qodar adalah malam yang sangat dinanti-nanti umat muslim. Karena jika beribadah malam lailatul qodar , pahala kita sama/sebanding dengan sholat selama 100 tahundan insyaalah doa kita akan terkabul. Subhanallah, indah sekali karunia Allah..
Maka dari itu, manfaatkanlah bulan ramadhan/bulan puasa puasa sebaik mungkin. Karena Allah pasti member manfaat dan berkah, jika hamba-Nya mau melaksanakan perintahnya.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di [GIFT]Grow In Faith Together. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s